Halaman

Minggu, 22 November 2015

Fungsi dan ragam Plafon

Seperti yang telah kita ketahui bersama plafon atau dalam istilah arsitek biasa disebut ceiling yang memiliki fungsi utama sebagai penutup celah dibagian atap dan sebagai batas sebuah ruang, seiring bertambah majunya jaman fungsi plafon menjadi sangat penting dan kompleks dalam menentukan keindahan estetika sebuah ruang. Perlu anda tahu plafon juga mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menutupi instalasi kabel listrik dan lampu dari sebuah ruangan, berbagai bahan pun mulai diterapkan untuk bahan pembuatan plafon seperti kayu lapis / triplek, asbes, gypsum dan tentu saja bahan tersebut juga harus disesuaikan dengan kebutuhan anda misal saja untuk ruang makan jangan gunakan plafon berbahan asbes karena asbes tidak tahan goncangan dan benturan seumpama terjadi goncangan kecil maka plafon berbahan asbes akan menjatuhkan serpihan seperti debu dan pasir yang bisa sangat berbahaya bila jatuh ke makanan yang kita makan.
Nah untuk lebih jelasnya seperti apa ragam plafon serta kelebihan dan kelemahannya, berikut Tim Bali Paradise Property akan menjelaskannya :
- Plafon Triplek / kayu lapis
Plafon berbahan ini sering dipakai dihampir setiap rumah terutama pada bagian dalam interior rumah, kelebihannya plafon berbahan triplek ini sangat mudah untuk diaplikasikan serta lebih mudah ditata, ringan dalam pemasangannya dan juga gampang dipotong sesuai kebutuhan. Selain ketersediaan di pasaran sangat banyak harganya pun relatif murah dan ukurannya secara umum adalah 122cm x 244cm dengan memiliki ketebalan mulai dari 3 mm sampai 6 mm. Sedangkan kelemahannya plafon berbahan triplek tidak tahan api dan bisa rusak bila terkena rembesan air.
- Plafon Gypsum
Plafon berbahan ini sering dipasang dibagian teras atau belakang rumah karena kuat dan tahan panas, selain itu plafon berbahan gypsum memiliki kelebihan dalam segi tampilannya seperti tanpa sambungan sehingga banyak masyarakat yang menyukainya serta tahan api dan secara umum ukurannya 122 cm x 244 cm. Kelemahannya bila menggunakan plafon berbahan gypsum tidak tahan air serta mudah hancur dalam pemasangannya, jadi diperlukan tukang yang ahli saja yang bisa memasangnya.
- Plafon Asbes
Plafon berbahan ini memiliki kelebihan seperti mudah dalam pemasangannya serta bahannya ringan jadi bisa siapa saja yang memasangnya, sedangkan kelemahan plafon berbahan asbes tidak tahan dalam goncangan atau benturan sehingga perlu extra hati hati dalam pemasangannya agar tidak rusak atau patah. Ukuran umumnya adalah 1 M x 1 M.
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com